Mau Membuat Brand Kamu Terkenal? Ini Dia Cara Membangun Brand Awareness ala Bos Narsis!
Siapa sih yang nggak ingin brand-nya terkenal? Pasti semuanya ingin dong, biar banyak yang tahu, banyak yang ngomongin, banyak yang follow dan subscribenya, yinkan? Nah, untuk membuat brand kita terkenal itu ada istilahnya lho, yaitu Brand Awareness. Kalo kita buat sederhana, Brand Awareness itu adalah jangkauan brand kita yang dilihat oleh publik. Semakin luas jangkauan itu, semakin terkenal brand kita, semakin banyak pula yang kenal.
Tapi, gimana sih cara membangun Brand Awareness yang oke punya? Langsung aja kita liat yuk dari beberapa cara yang bisa dilakukan.
Apa itu Brand Awareness?
Brand Awareness adalah seberapa banyak orang yang mengenali brand atau produk kita. Semakin dikenal suatu brand, semakin luas jangkauannya, baik itu di offline maupun online. Tujuan membangun Brand Awareness adalah agar brand kita bisa dikenal oleh banyak orang, dan dapat dibicarakan bahkan dikenali oleh target konsumen.
Mengapa Brand Awareness Penting?
Brand Awareness sangat penting dalam memperkenalkan dan memperluas jangkauan produk atau bisnis yang kamu jalankan. Kalo brand kamu terkenal, maka kamu akan lebih mudah dalam memasarkan produk kamu kedepan nya. Berikut ini alasan mengapa Brand Awareness penting :
- Memperkenalkan brand baru
- Memperluas target pasar
- Menarik minat konsumen
- Meningkatkan loyalitas konsumen
Jenis-Jenis Brand Awareness
Untuk membangun Brand Awareness, kita harus bisa tahu juga jenis-jenisnya. Kita simak yuk jenis-jenis Brand Awareness ini :
- Aided Brand Awareness, yaitu seberapa banyak orang mengetahui brand atau produk kita ketika disebutkan nama brand atau produk tersebut.
- Top-of-Mind Awareness, yaitu seberapa sering orang ingat brand atau produk kita ketika ditanya tentang kategori produk tersebut.
- Spontaneous Brand Awareness, yaitu seberapa banyak orang yang ingat atau mengenali brand atau produk kita tanpa memiliki referensi apa pun.
Kandungan dari Brand Awareness?
Jadi, kalo kita bicara Brand Awareness ini adalah sebuah kecerdasan marketing dimana kita fokus membangun kesan dan kesadaran konsumen akan brand yang kita bangun. Supaya mereka ingat, mengenal dan mungkin saja nantinya loyal pada brand kita.
Keuntungan Membangun Brand Awareness
Brand Awareness bukan sekadar melulu soal popularitas saja, bahkan memiliki beberapa keuntungan seperti berikut :
- Menyampaikan pesan brand dengan lebih jelas dan efektif.
- Menarik minat calon konsumen dan meningkatkan jumlah penjualan.
- Menjaga reputasi dan citra perusahaan.
- Meningkatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan pengulangan pembelian.
Manfaat Membangun Brand Awareness
Sama kaya keuntungan di atas, manfaat membangun Brand Awareness juga sangat banyak lho. Berikut ini manfaat membangun Brand Awareness yang bisa kita dapatkan :
- Meningkatkan popularitas brand.
- Meningkatkan kepercayaan konsumen pada brand.
- Meningkatkan pengaruh merek pada pasar.
- Memperluas target pasar.
- Meningkatkan tingkat penjualan.
- Meningkatkan kesetiaan dan kepercayaan konsumen terhadap produk atau merek.
Cara Membangun Brand Awareness
Kalo kita bahas bagaimana membangun Brand Awareness, ini nih cara-cara yang bisa kamu lakukan :
- Mengoptimalkan SEO di website
- Memanfaatkan Influencer atau KOL
- Membuat Konten Berkualitas Tinggi
- Beriklan di Social Media
SEO atau Search Engine Optimization bisa menjadi salah satu strategi pemasaran digital yang bisa kamu lakukan untuk membangun Brand Awareness. Karena dengan SEO, website kamu bisa tampil di search engine paling atas dan itu meningkatkan kemungkinan orang untuk menemukan brand kamu. Persiapkan konten berkualitas dengan kata kunci yang tepat, dan optimasi website kamu dengan melakukan tugas off-page dan on-page optimization.
Dengan cara ini, kamu bisa menjangkau lebih banyak orang, melihat betapa pentingnya branding dengan influencer atau KOL untuk mencapai brand awareness yang lebih tinggi. Kamu bisa memilih KOL yang sesuai dengan niche produkmu dan berkomunikasi baik dengan mereka. Ajak mereka untuk mempromosikan produk atau layanan kamu, atau jadilah sponsor untuk acara yang mereka adakan.
Konten yang baik bisa membuat brand-mu mendapatkan daya tarik dari orang banyak. Buatlah konten yang inspiratif, informatif, edukatif dan cocok bagi target audiens kamu. Kamu bisa membuat konten audio, video, atau konten tertulis yang inovatif dan otentik yang memberi pengalaman unik cara konsumen melihat brand kamu.
Beriklan di sosial media nampaknya menjadi salah satu yang paling efektif saat ini. Kamu bisa memilih platform sosmed yang cocok dengan produkmu dan menyasar konsumen potensial. Beriklan akan menjadikan brand-mu lebih dikenal secara luas, dan kamu bisa mengukur efektiitas kampanyemu melalui tools yang tersedia.
Tips Membangun Brand Awareness
Selain cara-cara di atas, ada beberapa tips juga yang bisa kamu coba untuk membangun Brand Awareness. Berikut ini tipsnya :
- Bersifat konsisten dalam mengggunakan brand kamu. Pastikan logo dan core message kamu selalu jelas dan konsisten.
- Menggunakan visual branding dan brand storytelling yang menarik perhatian konsumen.
- Menggunakan strategi pemasaran yang tepat dan mempromosikan brand-mu pada platform yang sesuai dengan marketmu.
- Menggunakan social media sebagai platform untuk membangun brand-mu dan menyebarkan pengetahuan tentang brandmu.
- Menjaga brand kamu tetap up-to-date agar tidak ketinggalan dengan tren dan perkembangan yang terbaru.
Jadi, gimana nih? Semakin paham kan kalo Ngembangin Brand Awareness itu nggak susah-susah amat? Selama ada tekad dan kemauan, semuanya bisa dilalui dengan mudah kok. Pilih strategi yang tepat, sesuai dengan target audiensmu, dan konsistenlah dalam menjalankannya.