Halo teman-teman, kali ini kita akan membahas tentang strategi sukses dalam membangun toko online. Tak bisa dipungkiri, bahwa belanja online atau e-commerce kini semakin populer. Berbagai keuntungan seperti hemat waktu, mudah diakses dan fasilitas pembayaran yang lengkap, membuat orang lebih memilih belanja online. Hal ini tentu saja membuat banyak pengusaha tertarik untuk menjual produk-produk mereka secara online. Namun, di balik itu semua, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kita bisa sukses menjalankan usaha toko online kita. Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu kita perhatikan:
1. Apa itu toko online?
Toko online merupakan suatu wadah dalam dunia e-commerce yang berfungsi sebagai tempat berjualan dan memasarkan produk melalui internet. Toko online ini bisa diakses oleh siapa saja dari mana saja selama memiliki koneksi internet. Keuntungan dari toko online adalah, selain bisa diakses kapan saja dan di mana saja, biaya operasional yang dikeluarkan lebih rendah dibandingkan dengan toko fisik, karena tidak perlu menyewa tempat dan membayar biaya listrik, air dan sejenisnya.
2. Mengapa membangun toko online?
Membangun toko online, tentu memiliki banyak keuntungan. Salah satu keuntungan terbesar adalah kita bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Kita tidak hanya berjualan di suatu kota saja, tetapi bisa menjual produk kita ke seluruh wilayah Indonesia bahkan ke seluruh dunia. Selain itu, toko online juga memiliki biaya operasional yang lebih rendah dibandingkan toko fisik. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi kita yang belum memiliki banyak modal. Oleh sebab itu, membangun toko online saat ini menjadi salah satu cara yang tepat untuk memulai bisnis.
3. Jenis-Jenis Toko Online
Ada beberapa jenis toko online yang sering dijumpai, lihatlah beberapa jenis toko online berikut ini:
3.1 Toko Online Resmi
Toko online resmi adalah toko online yang resmi terdaftar pada situs resmi merek atau vendor. Biasanya, produk yang dijual oleh toko online resmi adalah produk-produk yang telah dijamin keasliannya oleh merek atau vendor tersebut. Hal ini tidak lain bertujuan agar produk tersebut tidak palsu dan dapat dipertanggungjawabkan keasliannya oleh pemilik toko online.
3.2 Marketplace
Marketplace adalah situs web yang menyediakan alat dan infrastruktur untuk memudahkan berbagai penjual dan pembeli, untuk mengadakan transaksi jual beli. Seperti halnya e-commerce, marketplace ini juga menawarkan kemudahan, efisiensi dan keuntungan bisnis. Saat ini Indonesia telah memiliki beberapa marketplace yang populer seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan Lazada.
4. Kandungan Toko Online
Sebagai sebuah toko online, terdapat beberapa elemen yang harus ada, yaitu:
4.1 Produk
Produk adalah barang atau jasa yang dijual oleh toko online. Disini kualitas produk sangat penting, maka pastikan produk yang kamu pasarkan merupakan produk-produk unggulan atau yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan produk sejenis yang lainnya.
4.2 Deskripsi Produk
Deskripsi produk sangat dibutuhkan untuk membantu calon pembeli memahami tentang jenis produk yang dijual. Oleh sebab itu, kamu harus memberikan deskripsi produk yang jelas, detail dan dilengkapi dengan foto produk yang menarik.
4.3 Harga
Harga produk juga harus jelas dan sesuai dengan kualitas produk yang dijual. Hindari memberikan harga mahal karena bisa membuat calon pembeli mundur dan mencari produk lain yang harganya lebih murah.
4.4 Fasilitas Pengiriman
Pastikan kamu memberikan informasi mengenai jasa kurir yang bekerja sama dengan toko online. Hal ini akan memudahkan calon pembeli dalam memilih kurir yang tepat dan memberikan kepastian kepada pembeli mengenai produk yang telah dibeli akan terkirim dengan baik.
4.5 Fasilitas Pembayaran
Pilihlah metode pembayaran yang mudah dan aman. Saat ini banyak sekali metode pembayaran seperti transfer bank, kartu kredit, indomaret dan alfa mart. Pilihlah metode pembayaran yang aman dan dikenal oleh banyak orang.
5. Keuntungan Membangun Toko Online
Membangun toko online memiliki beberapa keuntungan yang bisa dirasakan, diantaranya :
5.1 Hemat Biaya Operasional
Toko online tidak perlu menyewa tempat berjualan yang mahal dan tidak perlu membayar listrik, air dan sejenisnya. Kita hanya perlu membayar biaya internet untuk menjalankan bisnis toko online kita.
5.2 Buka 24 Jam
Toko online buka selama 24 jam. Ini akan sangat memudahkan calon pembeli yang ingin berbelanja kapan saja dan di mana saja.
5.3 Menjangkau Pasar yang Lebih Luas
Kita bisa menjual produk kita ke seluruh wilayah Indonesia bahkan ke seluruh dunia. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi kita yang belum memiliki banyak modal.
5.4 Mudah diakses
Toko online dapat diakses oleh siapa saja dan di mana saja selama memiliki koneksi internet. Hal iniakan sangat memudahkan calon pembeli dan membuka peluang lebih banyak pembeli lagi.
5.5 Mudah Dipromosikan
Salah satu keuntungan membangun toko online adalah mudahnya dalam mempromosikan produk kita melalui media sosial dan search engine. Hal ini tentunya cukup efektif untuk menarik perhatian calon konsumen.
6. Manfaat Membangun Toko Online
Membangun bisnis toko online memiliki manfaat yang sangat positif, diantaranya :
6.1 Membangun Brand Image
Kita bisa membangun brand image yang kuat, apabila produk yang kita perjualkan berkualitas dan harga yang dipasang kompetitif. Dengan membangun brand image yang solid, maka potensi pembeli yang loyal akan semakin meningkat.
6.2 Lebih Berwawasan Lingkungan
Ketika kamu membangun bisnis toko online, tentu saja kamu tidak membutuhkan biaya yang besar untuk menyewa tempat dan biaya listrik dalam menjalakan bisnis kamu. Hal ini berarti kamu mengurangi penggunaan energi yang mencemari lingkungan.
6.3 Tidak Terbatas pada Waktu dan Tempat
Saat kamu membangun bisnis toko online, kamu tidak terbatas pada waktu dan tempat. Ini berarti, kamu bisa menjalankan bisnis toko online kamu dimana saja dan kapan saja. Tidak hanya memberikan keuntungan untuk bisnis kamu, tetapi juga memberikan kebebasan waktu yang lebih untuk menjalankan bisnis serta kebebasan dalam menentukan lokasi bisnis kamu.
7. Cara Membangun Toko Online
Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun toko online :
7.1 Pahami dan Kenali Pasar
Sebelum kita membangun toko online kita, ada baiknya jika kita memahami dan mengenali tentang pasar serta wilayah yang ingin kita sasar. Hal ini akan memudahkan produk kita untuk dikenal dan diminati oleh orang-orang yang membutuhkan produk kita.
7.2 Sediakan Produk yang Berkualitas
Pastikan produk yang kamu jual memiliki kualitas yang baik agar calon pembeli merasa puas dan tidak kecewa saat menerima produk mereka. Mereka akan merasa senang untuk memberikan review produk dan memberitahu teman-teman mereka tentang produk tersebut.
7.3 Promosikan Toko Online Kamu
Promosikan produk yang kamu jual di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter serta search engine seperti Google dan Yahoo. Ini adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk menarik perhatian calon konsumen.
7.4 Mudah dalam Transaksi
Pastikan transaksi pembelian di toko online kamu mudah untuk dilakukan, termasuk dalam hal pembayaran dan pengiriman barang. Jangan lupa untuk memberikan informasi produk yang lengkap, jasa pengiriman, dan juga pengembalian barang apabila terjadi masalah.
8. Tips Sukses Membangun Toko Online
Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa sukses dalam membangun toko online :
8.1 Jadilah Ahli dalam Niche Market
Pilihlah niche market yang tepat dan sebisa mungkin jadilah ahli di dalamnya. Semakin spesifik niche market yang akan kamu sasar, semakin mudah kamu untuk menarik perhatian calon konsumen ataupun pembeli potensial.
8.2 Buatlah Website yang User Friendly
Tentukan desain yang user friendly agar calon pembeli merasa nyaman dan mudah mengakses toko online kamu. Tak perlu menggunakan tampilan website yang terlalu kompleks, melainkan yang sederhana dan mudah untuk diakses.
8.3 Gunakan Platform Terpercaya
Pastikan kamu memilih platform terpercaya untuk membangun toko online kamu. Jangan hanya memilih platform yang gratis dan tidak terlalu dikenal, karena bisa saja platform tersebut tidak aman dan memungkinkan adanya penipuan.
8.4 Jangan Lupa Beriklan
Beriklanlah di media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Pilih target pasar yang tepat agar efektif dan hemat biaya.
Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan serta tips dalam membangun toko online. Dengan memahami dan menerapkan hal tersebut, kamu bisa sukses dalam menjalankan bisnis toko online kamu.