Dulu, waktu kamu pesen makanan di warung cuma lewat telepon atau tatap muka sama yang jualan. Sekarang, kamu bisa tanya menu di (platform media sosial), transfer uang, dan pesen langsung dari app-nya. Pokoknya, hidup ini semakin mudah deh!
Tren Perkembangan Media Sosial
Seiring berkembangnya teknologi, media sosial juga nggak ketinggalan. Dulu waktu akses internet belum merata, orang cuma tahu sama Facebook dan Twitter. Sekarang, kamu bisa temukan berbagai platform media sosial lainnya, kayak Instagram, Tiktok, dan sebagainya. Yang lebih seru lagi, media sosial ini udah jadi sarana buat promosi dan jualan loh.
Apa Itu Media Sosial?
Media sosial adalah platform yang bisa dipakai buat ngomong-ngomong sama orang dari berbagai tempat. Yang lebih seru lagi, media sosial ini nggak cuma buat ngobrol sama teman-teman kamu, tapi udah diperluas jadi sarana buat promosi dan jualan. Jadi, kamu bisa ngikutin dan beli produk dari akun yang membagikan konten-promo di media sosial.
Mengapa Harus Pakai Media Sosial buat Promosi?
Karena nggak cuma generasi sekarang yang sering main media sosial, tapi juga anak-anak bahkan orangtuanya. Bayangin aja, satu akun media sosial bisa diakses sama ribuan (bahkan jutaan) orang. Nah, daripada promosi satu-satu ke temen-temen atau tetangga-tetangga, lebih praktis dan gampang kalo kamu promosiin produkmu di media sosial.
Jenis-Jenis Platform Media Sosial
Seiring berjalannya waktu, jenis platform media sosial juga semakin bervariasi. Jadi, kamu nggak harus cuma buka Instagram atau Facebook, tapi juga Tiktok, Twitter, Vimeo, dan banyak lagi. Nah, setiap platform ini punya spesifikasi dan keunikan masing-masing untuk memberikan pengalaman yang berbeda ke penggunanya.
Kandungan di Media Sosial
Tergantung dari jenis platform media sosial yang kamu pilih, setiap platform punya tampilan dan kandungan yang berbeda. Misalnya, di Instagram, kamu bakal liat foto dan video dari orang-orang yang kamu follow. Sementara di Twitter, kamu bisa mengetik semacam status buat diliat sama followers-mu. Nah, kandungan ini bisa kamu pakai buat share foto produkmu, cuplikan video reviews dari orang lain, atau sekedar mengangkat isu-isu yang kamu campur dengan konten promosi produkmu.
Keuntungan Menggunakan Media Sosial untuk Promosi
Pertama, kamu bisa lebih terjangkau. Misalnya, kamu punya toko di daerah, tapi pengen produkmu bisa diakses olaaah orang. Dengan media sosial, kamu bisa lebih mudah share produkmu tanpa terkendala jarak. Selain itu, kamu juga bisa melihat statistik-detil yang matang untuk melihat fokus pasar yang minimal dengan fitur kolaborasi, ditambah adanya opsi iklan. Setelah itu, kamu bisa mencoba mengembangkan produkmu di platform lain atau membuat produk-produk yang baru.
Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Media Sosial
Meski ada kekurangan-kekurangan di sisi media sosial, tapi manfaat yang bisa kamu dapatkan dari promosimu di media sosial cukup lumayan. Misalnya dengan menggunakan media sosial kamu dapat mengevaluasi produk yagn kamu gunakan mendapat respon yang positif atau tidak dan segera simulasi dalam bentuk promosi. Selain itu, dengan adanya interaksi langsung ini kamu bisa mengembangkan relasimu dengan konsumen. Kita tahu kan keyakinan konsumen ke sebuah usaha atau produk akan meningkat ketika ada interaksi langsungnya? Intinya, bisnis kamu bisa lebih mudah dikenal dan dipahami banyak orang.
Cara-Cara Menggunakan Media Sosial untuk Promosi
Meskipun media sosial digunakan sebagai wadah untuk berinteraksi, kamu tetap perlu memikirkan cara-cara menggunakannya dengan benar. Sebab jika kamu salah kaprah dalam penggunaan media sosial, promosimu malah tidak maksimal. Kamu perlu pandai memilih jenis platform-media sosial, menentukan target pasar, membuat produk berkualitas, dan tidak mengabaikan kritik maupun saran dari pelanggan.
Tips Menggunakan Media Sosial untuk Promosi
Kerennya, kamu bisa memaksimalkan promosi di media sosial dengan sejumlah tips berikut:
- Mantapkan produkmu. Sebelum mulai promosi, kamu perlu menyiapkan produkmu dan menentukan apa yang membedakan produkmu dengan yang lain. Dengan persiapan yang tepat, produkmu bisa menjadi primadona di pasar.
- Umumkan promomu terlebih dahulu ke setiap pelanggan yang ada. Hal ini merupakan promosi-langsung yang sangat efektif, karena bisa menjangkau secara langsung ke konsumennya.
- Setelah itu kamu bisa memanfaatkan fitur kolaborasi untuk menuju target pasar yang ingin diaraih.
- Jangan lupa buat konten yang menarik biar yang liat promomu penasaran dan ingin tahu.
-
Ingin promomu bisa lebih efektif lagi? Kamu bisa coba poin-poin berikut:
- Lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui perilaku pasar agar lebih tepat sasaran.
- Buat promosi-promosi di hari-hari besar dan konten yang trendy agar menarik perhatian pelanggan.
- Buatlah Strategi SEO di media sosial, penggunaan kata kunci yang tepat dapat membantu kamu mendapatkan followers lebih banyak
- Respond cepat. Nggak cuma menjaga kepercayaan dari pelanggan, kesadaran yang tinggi mengobroni dan merespon memberi penjelasan secara informatif juga membantu kamu terlihat profesional. Artinya, bisa membedakan kamu dengan pesaing lainnya dan membuat pelanggan loyal.
- Selalu siapkan evaluasi rutin memesan produkmu agar semakin ditingkatkan
Intinya, media sosial memang jadi wahana yang bisa dipakai buat mengembangkan bisnis, khususnya dalam bidang promosi dan jualan online. Saat menggunakan media sosial untuk promosi, kamu hanya perlu memikirkan cara-cara menggunakannya dengan baik dan sabar menanti hasilnya. Dengan mengikuti poin-poin yang ada di atas, dijamin promosimu akan makin efektif dan kalau anak muda yang bergerak di dunia bisnis. Kapan lagi sih bikin promosi jadi semakin lucu dan viral di media sosial?